Rabu, 27 Januari 2010

Sumpit Kalbar

SUMPIT KALBAR


1. Asal Usul Permainan
Sumpitan, sepet atau sumpit adalah sebuah senjata khas masyarakat dayak yang berdomisili di pulau Kalimantan dan merupakan karya adi luhung yang diciptakan oleh nenek moyang masyarakat Dayak dimana sampai saat ini masih serta tetap hidup dan dipakai sebagai senjata ataupun alat berburu.
Pada masyarakat Dayak khususnya Dayak Taman yang berdomisili di 7 (tujuh) kecamatan di kabupaten Kapuas Hulu, sumpitan adalah senjata yang pembuatannya merupakan keterampilan warisan turun temurun dari Tuhan YME, hal ini sebab dimana berdasarkan kepercayaan suku Taman yang penganut paham Polygenesis, bahwa pada saat manusia pertama diciptakan oleh Dewa Pencipta (Sampulo) ke dunia yaitu Bai’ Kunyanyi dan Piang Tina’, mereka diajarkan cara untuk hidup di dunia dengan baik yakni maniang Buat bagi wanita dan maniang Alat bagi pria, dan salah satu Alat yang diajarkan pembuatannya adalah sumpitan.

2. Pemain-pemainnya
Pemain-pemain sumpit adalah anak laki-laki

3. Peralatan/Perlengkapan Permainan
Sumpitan seperti yang telah ditulis di atas terdiri dari 3 (tiga) bagian yakni :
- Batang sumpitan
Batang sumpitan terbuat dari kayu berbentuk bulatan panjang dengan lubang di dalamnya dengan diameter kayu sekitar 3-3,5 cm serta diameter lubang 1-1,2 cm. kayu yang digunakan dari jenis terpilih seperti kayu Bunyau, Penyau’, Kebaca dan Tapang. Ukuran batang sumpitan bisanya disesuaikan dengan si empunya sumpitan itu sendiri yakni sepanjang satu depa sekitar 1,5-2 meter.
- Mata Tombak (bu’bulis)
Sedangkan Bu’bulis (terbuat dari besi baja, panjangnya 20-30 cm.
- Besi untuk pengintai sasaran (tajuk pitaa)
Tajuk pita terbuat dari besi dan diikatkan pada sisi berlawanan dengan mata tombak dan pada ujungnya menyembul sejajar dengan batang sumpit. Fungsinya sebagai patokan titik fokus sasaran yang akan dituju.

4. Jalannya Permainan
Para pemain akan memegang sumpit dengan jarak antara sasaran dan tempat berdirinya pemain minimal 5 meter dan maksimal 10 meter.

Tidak ada komentar: